Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Hubungan Self-Efficacy dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada topik Relasi dan Fungsi dalam situasi Pandemic Covid 19 kelas VIII MTs Negeri Tanjungpinang

Meisha, Nuraisyah and Linda, Rosmery and Rezky, Ramadhona (2021) Hubungan Self-Efficacy dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada topik Relasi dan Fungsi dalam situasi Pandemic Covid 19 kelas VIII MTs Negeri Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Meisha Nuraisyah_160384202038_Pendidikan Matematika - 160384202038 Meisha Nuraisyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana hubungan selfefficacy dengan hasil belajar. (2) Mengetahui bagaimana hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar. (3) Mengetahui bagaimana hubungan self-efficacy dengan kemandirian belajar. (4) Mengetahui bagaimana hubungan self-efficacy dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika pada topik Relasi dan Fungsi dalam situasi Pandemic Covid 19 kelas VIII MTs Negeri Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengambilan sampel berdasarkan pada teknik acak kelas (random class), berdasarkan hasil teknik tersebut diperoleh kelas VIII-2 menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 23 peserta didik. Pada penelitian ini melibatkan dua variabel bebas yaitu self-efficacy dan kemandirian belajar, serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar. metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan juga tes. Teknik analisis data menggunakan korelasi product-moment dan juga korelasi ganda. Hasil yang diperoleh penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang positif antara self-efficacy dengan hasil belajar peserta didik pada kategori sedang, dengan perolehan r hitung 0,584 lebih besar dari pada r tabel yaitu 0,413. (2) Terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik pada kategori sedang, dengan perolehan r hitung 0,569. (3) Terdapat hubungan yang positif antara self-efficacy dengan kemandirian belajar peserta didik pada kategori kuat, dengan perolehan r hitung 0,698. (4) Terdapat hubungan yang positif antara self-efficacy dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik pada kategori kuat, dengan perolehan r hitung 0,626.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 28 Jul 2021 02:48
Last Modified: 28 Jul 2021 02:48
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1685

Actions (login required)

View Item View Item