Junaidi, Junaidi and Rumzi, Samin and Agus, Hendrayady (2021) Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Desa Niur Permai Kecamatan Moro Kabupaten Karimun. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
JUNAIDI_140563201036_IlmuAdministrasiNegara - Junaidi Juna.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan masyarakat di Puskesmas Desa Niur Permai Kecamatan Moro Kabupaten Karimun. Dengan rumusan masalah seberapa besar Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Puskesmas Niur Permai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat pada pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling, dengan sampel sebanyak 364 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Niur Permai dengan nilai tertimbang sebesar 2,66 dengan nilai konversi sebesar 66,50 sehingga mutu pelayanan adalah “C”. Hasil dari 9 indikator menggunakan rumus Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) No 14 Tahun 2017 adalah sebagai berikut: (1) persyaratan pelayanan memiliki nilai rata rata IKM sebesar 2,81 dengan nilai rata rata konversi sebesar 70,37 termasuk dalam kategori kurang baik; (2) sistem, mekanisme dan prosedur memiliki nilai rata rata IKM sebesar 2,77 dengan nilai rata rata konversi sebesar 69,37 dengan kategori kurang baik; (3) waktu penyelesaian memiliki nilai rata rata IKM sebesar 2,5 dengan nilai rata rata konversi sebesar 62,5 dengan kategori tidak baik; (4) biaya atau tarif memiliki nilai rata rata IKM sebesar 2,95 dengan nilai rata rata konversi 73,75 dengan kategori kurang baik; (5) produk spesifikasi jenis pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 2,85 dengan nilai konversi sebesar 71,25 dengan kategori kurang baik; (6) kompetensi pelaksana memiliki nilai rata rata IKM sebesar 2,74 dengan nilai rata rata konversi 68,62 dengan kategori kurang baik; (7) perilaku pelaksana memiliki nilai IKM sebesar 3,07 dengan nilai konversi 76,75 dengan kategori baik; (8) penanganan pengaduan, saran dan masukan memiliki nilai IKM sebesar 2,62 dengan nilai konversi sebesar 65,5 kategori kurang baik; (9) sarana dan prasarana memiliki nilai rata rata IKM sebesar 2,62 dengan nilai rata rata konversi sebesar 65,62 dengan kategori kurang baik. Kesimpulan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Niur Permai Kecamatan Moro Kabupaten Karimun pada tahun 2019 termasuk dalam kategori kurang baik. Kata Kunci: Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.12 Health Centers/Pusat Layanan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | admin fikp |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 06:06 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 06:06 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1752 |
Actions (login required)
View Item |