Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

MANAJEMEN PELAYANAN DI TOURISM INFORMATION CENTRE (TIC) DALAM PENYEDIAAN LAYANAN INFORMASI KEPARIWISATAAN DI KOTA TANJUNGPIANG

NONI, KASPIATI and RUMZI, SAMIN and Edy, Akhyary (2021) MANAJEMEN PELAYANAN DI TOURISM INFORMATION CENTRE (TIC) DALAM PENYEDIAAN LAYANAN INFORMASI KEPARIWISATAAN DI KOTA TANJUNGPIANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
NONIKASPIATI_160563201077_ILMUADMINISTRASINEGARA - Noni Kaspiati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://lib.umrah.ac.id

Abstract

Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyediakan fasilitas layanan informasi kepariwisataan secara gratis bagi wisatawan yang berkunjung melalui lembaga Tourism Information Centre (TIC) untuk menunjang pariwisata di Kota Tanjungpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan di Tourism Information Centre (TIC) Kota Tanjungpinang. Manajemen pelayanan dapat diartikan sebagai suatu proses penerapan ilmu dan seni untuk menyusun rencana, mengimplementasi rencana, mengkoordinasikan dan menyelesaikan aktivitasaktivitas pelayanan demi tercapainya tujuan-tujuan pelayanan yang tegas dan ramah terhadap konsumen, terciptanya interaksi khusus dan kontrol kualitas dengan pelanggan. Manajemen pelayanan pada penelitian ini memiliki tiga komponen yaitu aspek kultur organisasi, aspek sistem pelayanan, dan aspek sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada aspek kultur organisasi bisa dikatakan mampu mengutamakan kepentingan wisatawan. Kemudian pada aspek sistem pelayanan sangat mudah, jelas, dan sederhana. Pada aspek sumber daya manusia bisa dikatakan sudah memenuhi standar, sangat bertanggung jawab meskipun ada kelemahan pada penguasaan bahasa asing namun selalu diadakan pelatihan dan pemberdayaan agar bisa maksimal dalam melayani wisatawan. Kesimpulan manajemen pelayanan di Tourism Information Centre (TIC) Kota Tanjungpinang secara umum dinilai telah berjalan optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 353.7 Administration of Culture and Related Activities/Departemen Kebudayaan dan yang Berkaitan
900. Geografi dan Sejarah > 910.92 Travelers/Turis, Wisatawan, Pelancong
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: admin fikp
Date Deposited: 28 Jul 2021 06:37
Last Modified: 28 Jul 2021 06:37
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item