Apriyani, Apriyani and Nur, Izzati and Linda, Rosmery (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
APRIYANI SKRIPSI((150384202003).pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) berbasis kearifan lokal lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Negeri 11 Tanjungpinang dibandingkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dan desain penelitian Pretest-Posttest Control Grup Design. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eskperimen dan VII.3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskripsi data, gain ternormalisasi, uji prasyarat, dan uji hipotesisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) berbasis kearifan lokal lebih efektif untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dibandingkan dengan model konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 07:06 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 07:06 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1797 |
Actions (login required)
View Item |