Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project kolaborasi Talking Chips untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matem at is Siswa Kelas VII SMPN 6 Tanjungpinang

Erizka, Sry Indah Lestari and Alona, Dwinata and Nur, Izzati (2019) Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project kolaborasi Talking Chips untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matem at is Siswa Kelas VII SMPN 6 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
3. skripsi pdf_3.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Peneli t ian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkat an kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project kolaborasi Talking Chips dengan yang memperoleh pembelajaran konvensio nal. Jenis peneli t ian yai tu quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam peneli t ian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 y ang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 180 siswa. Peneli t ian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil secara acak kelas, y ai tu kelas VII.4 y ang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 y ang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kont rol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrum en berupa lembar observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis pada materi penyajian data. Dari hasil analisis diperol eh rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen sebesar 0,509, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,332. Berdasarkan hasil perhitungan uji statist i k t erhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kedua kelo mpok pembelajaran dengan menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau (α = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,015. Dalam peneli t ian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig. 0,0075 dimana p-value < α, maka H0 ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperol eh pembelajaran Missouri Mathematics Project kolaborasi Talking Chips lebih t inggi daripada yang memperol eh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 28 Jul 2021 07:19
Last Modified: 28 Jul 2021 07:19
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item View Item