Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Penggunaan Multimedia Macromedia Flash pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bintan

Muhammad, Hidayatullah and Alona, Dwinata and Febrian, Febrian (2019) Penggunaan Multimedia Macromedia Flash pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bintan. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
M.HIDAYATULLAH_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan minat siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan multimedia macromedia flash pada materi sistem persamaan linier dua variabel.. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 3 Bintan sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar angket. Data hasil observasi dan lembar angket dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa mengalami peningkatan melalui penggunaan multimedia macromedia flash pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Hal ini dapat ditunjukkan pada dimensi perhatian nilai indeks angket setelah pembelajaran sebesar 4,28 berada pada kategori sangat tinggi sedangkan sebelum pembelajaran 3,65 berada pada kategori tinggi. Pada dimensi perasaan nilai indeks angket setelah pembelajaran sebesar 4,22 berada pada kategori sangat tinggi sedangkan sebelum pembelajaran 3,60 berada pada kategori tinggi. Pada dimensi motivasi nilai indeks angket setelah pembelajaran sebesar 4,42 berada pada kategori sangat tinggi sedangkan sebelum pembelajaran 3,78 berada pada kategori tinggi. Dari data tersebut didapat nilai indeks minat siswa secara keseluruhan yaitu pada angket sebelum pembelajaran sebesar 3,68 berada pada kategori tinggi, dan pada angket setelah pembelajaran sebesar 4,30 berada pada kategori sangat tinggi. Hasil observasi menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan multimedia macromedia flash berjalan dengan lancar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 28 Jul 2021 07:31
Last Modified: 28 Jul 2021 07:31
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item View Item