Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education dengan Konteks Kemaritiman untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMA Kelas XI

Maimunah, Maimunah and Nur, Izzati and Alona, Dwinata (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education dengan Konteks Kemaritiman untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMA Kelas XI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
MAIMUNAH-150384202014-FKIP-2019_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Kurangnya penggunaan bahan ajar yang mampu menstimulasi peserta didik untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematis dapat menyebabkan kemampuan matematis peserta didik ini belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education dengan konteks kemaritiman yang valid, praktis dan efektif untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Data dalam penelitian dikumpulkan dengan metode tes, angket, wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, lembar angket respon peserta didik dan pendidik, lembar tes dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan analisis deskriptif untuk mengukur kevalidan LKPD, pemodelan Rasch untuk mengukur kepraktisan LKPD, dan Kriteia ketuntasan minimal individu maupun klasikal untuk mengukur keefektifan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis RME dengan konteks kemaritiman memenuhi kriteria valid dengan dominansi penilaian berada pada kategori baik, kriteria sangat praktis dengan dominan respon peserta didik pada kategori praktis, serta sangat efektif dengan persentase sebesar 87% dan 67.7% peserta didik berada pada kategori tinggi kemampuan pemecahan masalah matematisnya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 28 Jul 2021 07:35
Last Modified: 28 Jul 2021 07:35
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item View Item