Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Efektivitas Model Pembelajaran LAPS-Heuristik Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP

Ratih Puspa, Dewi and Febrian, Febrian and Alona, Dwinata (2019) Efektivitas Model Pembelajaran LAPS-Heuristik Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
RATIH P.D_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran LAPS-Heuristik berbasis kearifan lokal lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bintan pada materi penyajian data. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bintan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil secara acak kelas, yaitu kelas VII.A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi penyajian. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,6867, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,5846. Berdasarkan hasil perhitungan uji statistik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kedua kelompok pembelajaran dengan menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau (α = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,005. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig. 0,0025 dimana p-value < α, maka H0 ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran LAPS-Heuristik berbasis kearifan lokal lebih tinggi dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 28 Jul 2021 07:53
Last Modified: 28 Jul 2021 07:53
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item View Item