Reza Widiya, Juliani and Nur, Izzati and Linda, Rosmery (2019) Peningkatan Hasil Belajar Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Kartu Masalah pada Kelas VII SMPN 3 Bintan. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
3.REZA WIDIYA FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan kartu masalah dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa rata-rata gain kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dari rata-rata gain kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dimana rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 0,4158. Sedangkan rata-rata gain pada kelas kontrol sebesar 0,1480. Selain itu berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji independent simple t-test dengan bantuan software SPSS pada taraf signifikansi 5% atau ( , diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,004. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) maka berdasarkan kriteria . Sehingga Sig. 0,002 maka ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dari pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 07:56 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 07:56 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1836 |
Actions (login required)
View Item |