Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal bangun Ruang Sisi datar Kelas VIII.4

Santia, Santia and Linda, Rosmery and Febrian, Febrian (2019) Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal bangun Ruang Sisi datar Kelas VIII.4. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
3.SANTIA-150384202032-FKIP-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Peserta didik terbiasa dalam menyelesaikan soal rutin yang melibatkan ingatan atau rumus-rumus yang dihafalkan sehingga kurangnya kemampuan berpikir peserta didik dan tidak mampu mengasah skill dalam menemukan solusi untuk permasalahan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Berdasarkan pendekatan, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Berdasarkan jenisnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa soal tes dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrumen yang digunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dilapangan model Miles and Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan). Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Kemampuan berpikir peserta didik dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill memiliki perbedaan. 7 peserta didik dengan HOTS tinggi dapat mencapai menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi, sedangkan 6 peserta didik dengan kemampuan berpikir sedang dapat mencapai tingkatan berpikir menganalisis dan mengevaluasi namun tidak optimal dalam tingkat mengkreasi, dan 12 peserta didik dengan kemampuan berpikir rendah dapat mencapai tingkatan berpikir menganalisis namun ada yang tidak optimal dalam ketiga tingkat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek HOTS yang paling mampu dicapai yaitu pada aspek menganalisis dengan kategori tinggi peserta didik paling banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 28 Jul 2021 08:07
Last Modified: 28 Jul 2021 08:07
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item View Item