Syarfina, Witri and Febrian, Febrian and Linda, Rosmery (2019) Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Konteks Kemaritiman pada Topik Fungsi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
2.PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan konteks kemaritiman pada topik fungsi di SMA kelas X yang berkualitas. Prosedur pengembangan soal menggunakan model 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. soal yang dikembangkan terdiri dari 4 paket yitu paket 1, paket 2, paket 3, dan paket 4. Setiap paket soal terdiri dari 10 soal uraian sesuai dengan materi fungsi. Sehingga total soal yang dikembangkan adalah 40 soal. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi, pengujian empiris dan angket. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi, lembar hasil uji coba, dan lembar angket respon. Teknik analisi data yaitu analisis, deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis yaitu analisis data hasil validasi, analisis data lembar hasil uji coba, dan analisis angket respon. Analisis data lembar hasil uji coba meliputi ana lisis kevalidan soal, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Subjek uji coba terbatas pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMAN 2 Tanjungpinang. Sedangkan subjek uji coba lapangan adalah siswa SMAN 2 Tanjungpinang kelas X MIA 2, X MIA 3, X MIA 4 dan X MIA 5. Berdasarkan hasil analisis pada lembar validasi ahli, semua paket soal memiliki kategori validitas baik. Pada uji coba lapangan dari 40 soal yang diujikan ada 34 soal yang valid dan 6 soal yang tidak valid.tingkat reliabilitas setiap paket secara berturut-turut adalah 0,90; 0,96; 0,93; 0,93 sehingga tingkat reliabilitas paket soal dikategorikan bagus sekali. Daya pembeda soal setiap paket adalah 4, 7, 5, 5. Tingkat kesukaran paket soal yang dikembangkan bervariasi yaitu sangat mudah, mudah, sulit dan sangat sulit. Sehingga secara keselurah ada 34 soal yang berkualitas dan 6 soal yang tidak berkualitas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 08:12 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 08:12 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1843 |
Actions (login required)
View Item |