Winda, Saputri and Febrian, Febrian and Alona, Dwinata (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Programme For International Student Assessment (PISA). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
3.SKRIPSI (Winda Saputri_150384202037).pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Bintan kelas VIII dalam menyelesaikan soal PISA dengan indikator interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan regulasi diri. penelitian ini menggunakan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Facione Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Subjek yang diambil berjumlah 6 orang peserta didik. Data penelitian diperoleh dari analisis jawaban siswa terhadap tes dan wawancara kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 91% siswa kemampuan berpikir kritis rendah, 5% siswa kemampuan berpikir kritis sedang dan 4% siswa kemampuan berpikir kritis tinggi. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik rata-rata pada aspek analisis, evaluasi dan eksplanasi. Apabila ditinjau dari kedudukan peserta didik, kemampuan berpikir kritis tinggi mampu memenuhi keenam aspek kemampuan berpikir kritis menurut Facione, peserta didik kemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi beberapa aspek kemampuan berpikir kritis menurut Facione dan peserta didik kemampuan berpikir kritis rendah hanya mampu memenuhi sedikit aspek kemampuan berpikir kritis menurut Facione.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 08:28 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 08:28 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1846 |
Actions (login required)
View Item |