Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI TWO-TIER MULTIPLE CHOICE QUESTION UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI LINGKUNGAN KELAS X SMA

Anisa, Irvia and Trisna, Amelia and Bony, Irawan (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI TWO-TIER MULTIPLE CHOICE QUESTION UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI LINGKUNGAN KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
ANISA IRVIA_140384205021_PENDIDIKAN BIOLOGI. SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian Two-Tier Multiple Choice Question yang memiliki validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan analisis pengecoh yang memenuhi kriteria sebagai suatu soal yang baik dan mengembangkan instrumen two-tier multiple choice question pada materi Lingkungan menjadi instrumen penilaian yang mampu mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dengan menggunakan model Borg & Gall tahapannya terdiri dari tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan draf produk, uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk akhir hasil uji coba. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari angket dan tes, hasil validasi tes diperoleh melalui 4 validator. Untuk mengetahui validitas butir, realibilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan analisis pengecoh instrumen tes Two-Tier Multiple Choice Question dilakukan uji coba penggunaan instrumen tes pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Hasil penelitian pengembangan instrumen penilaian two-tier multiple choice question materi Lingkungan yang dikembangkan mempunyai validitas isi yang dikategorikan sangat valid, validitas konstruk yang sangat baik, dan 19 butir soal yang dinyatakan valid secara empiris. Hasil reliabilitas tergolong bagus, 15 butir soal memiliki daya pembeda yang sangat baik, tingkat kesukaran tergolong baik karena sebagian besar soal masuk ke dalam kategori sedang, dan 60% pengecoh dikategorikan kedalam pengecoh yang baik, serta hasil analisa HOTS siswa yang masih dominan rendah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 400. Bahasa > 418.4 Reading/Membaca
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMIN FKIP1
Date Deposited: 28 Jul 2021 09:53
Last Modified: 28 Jul 2021 09:53
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item