Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengaruh Model Quantum Teaching Pada Materi Hukum Dasar Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X

Debby, Andrianto and Inelda, Yulita and Eka Putra, Ramdhani (2019) Pengaruh Model Quantum Teaching Pada Materi Hukum Dasar Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SKRIPSI Debby andrianto 150384204027 PKIM 2019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching pada materi hukum dasar kimia terhadap hasil belajar siswa kelas X. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Proses pengambilan sampel penelitian menggunakan group simple random sampling dan menggunakan instrumen penelitian yaitu berupa lembar observasi, angket dan tes. Soal yang diberikan kepada sampel penelitian dalam bentuk pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban. Soal yang diberikan sebanyak 18 soal pre test dan post test. Lembar observasi menilai keterlaksanaan pembelajaran menggunakan check list sebanyak 15 item pengamatan. Pada instrumen angket siswa menjawab dengan skala likert yang terdiri dari 10 pernyataan. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis Mann Whitney pada post test menggunakan SPSS versi 24. Hasil yang didapatkan pada uji normalitas, data pre test terdistribusi normal dan post test tidak terdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas, data pre test dan post test tidak homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis post test diperoleh nilai asymp.sig sebesar 0,002 dan nilai yang diperoleh tersebut lebih kecil dari 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh pada hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol (H 0 ditolak H a diterima) yang diambil melalui hasil post test. Selain itu, Hasil angket yang diperoleh yaitu sangat baik sebesar 61,11%, baik 36,11%, dan 2,78% tidak baik. Hasil dari observasi didapatkan bahwa pada tiap aspek proses pembelajaran berkategori sangat baik dan pada tiap pertemuan mendapatkan hasil yang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model quantum teaching berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada materi hukum dasar kimia pada kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 28 Jul 2021 10:40
Last Modified: 28 Jul 2021 10:40
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item