DELVIA, RAMADHANI and Ardi Widhia, Sabekti and Inelda, Yulita (2019) PENGEMBANGAN ALAT UKUR KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMA PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Delvia Ramadhani_140384204016_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes kemampuan berpikir reflektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Tanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif . Sampel penelitian berjumlah 43 siswa kelas XI IPA 1. Instrumen yang digunakan yaitu tes bentuk uraian non objektif (BUNO). Model pengembangan yang digunakan peneliti pada peneltian ini adalah menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil validitas instrumen tes kemampuan berpikir relektif memiliki kualitas soal yang valid yang diberikan oleh ketiga validator ahli. Berdasarkan hasil validasi oleh validator didapatkan 8 soal yang mmenuhi kriteria valid dengan reliabilitas item 0,82 yang memenuhi indikator outfitMeans Square, Outfit Z-standard dan Point Measure Correlation. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir reflektif siswa secara keseluruhan mendapatkan nilai rata-rata indikaor berpikir reflektif siswa pada indikator Reacting sebesar 62,39% dengan kategori baik, Comparing sebesar 34,64% dengan kategori cukup baik, dan Contemplanting sebesar 5,11 % dengan kategori sangat kurang. Hal ini menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan berpikir reflektif siswa secara keseluruhan masih kurang, begitu pula dengan hasil tes kemampuan berpikir reflektif siswa pada kelompok tinggi sebesar 47,22% dengan kategori cukup baik, pada kelompok sedang sebesar 33,05% dengan kategori sangan kurang baik dan rendah sebesar 6,05% dengan kategori sangat kurang. Hal ini menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir reflektif siswa pada materi senyawa hidokarbon berdasarkan kelompok tinggi, sedang dan rendah masih sangat kurang. Dapat disimpulkan bahwa indikator berpikir reflektif yang memiliki nilai tertinggi yaitu Reacting dan terendah adalah Contemplanting
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 10:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 10:43 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1865 |
Actions (login required)
View Item |