Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan E-Diagnostic Test Two Tier Multiple Choice untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Atom dan Tabel Periodik

Desmaria, Lumbantoruan and Eka Putra, Ramdhani and Inelda, Yulita (2019) Pengembangan E-Diagnostic Test Two Tier Multiple Choice untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Atom dan Tabel Periodik. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
DESMARIA LUMBANTORUAN_150384204028-SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengembangkan suatu instrumen e-diagnostic test two tier multiple choice untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi atom dan tabel periodik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Dalam penelitian ini hanya digunakan sampai tahap Development. Pengumpulan data dilakukan di SMAN 3 Tanjungpinang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 yang berjumlah 27 orang. Teknik analisis data menggunakan metode uji validitas dan reliabilitas. Hasil validitas konstruk oleh ahli diperoleh rata-rata 97,33% dan hasil uji reliabilitas sebesar 0,98 menunjukkan bahwa soal tes reliable dan layak digunakan. Hasil pengembangan instrumen ediagnostic test two tier multiple choice dengan rata-rata persentase hasil validasi pakar evaluasi pada tahap 1 dan tahap 2 mencapai 85,71% dan 97,61%. Hasil penelitian juga diketahui miskonsepsi pada subkonsep partikel penyusun atom sebesar 43%, subkonsep perkembangan model atom sebesar 80%, subkonsep nomor atom dan nomor massa sebesar 67%, subkonsep isotop, isoton, dan isobar sebesar 51%, subkonsep konfigurasi elektron sebesar 56%, subkonsep bilangan kuantum dan orbital sebesar 52%, dan subkonsep sifat-sifat unsur dalam tabel periodik sebesar 46%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk ediagnostic test two tier multiple choice telah layak digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 28 Jul 2021 10:51
Last Modified: 28 Jul 2021 10:51
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1866

Actions (login required)

View Item View Item