Efrilla, Taurusia and Trisna, Amelia and Azza, Nuzullah Putri (2019) ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPCK) GURU BIOLOGI SMA NEGERI SE-KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
PDF SKRIPSI EFRILLA TAURUSIA.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) guru biologi SMA Negeri se-kota Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui instrument TPCK berupa angket terbuka. Instrumen ini digunakan untuk mengumpulkan TPCK melalui sembilan aspek. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa aspek asesmen (90%) dan penetapan ide pokok konsep (82%) pada katagori sangat baik, identifikasi pengetahuan awal dan kesulitan belajar siswa (73%) pada kategori baik, aspek pertimbangan belajar (66%) pada katagori baik, aspek pertimbangan pemilihan konsep (65%), aspek teknologi dalam proses pembelajaran (65%) dan penerapan teknologi teknologi dalam pembelajaran (63%) pada kategori baik, sedangkan penentuan kedalaman dan keluasan materi (49%) pada kategori cukup. Namun pada aspek 9 di kategorikan rendah dengan perolehan persentase 33% yaitu aspek penerapan teknologi dalam evaluasi pembelajaran. Berdasarkan aspek-aspek TPCK tersebut maka diperoleh rata-rata 65% pada kategori baik. Hal ini menunjukan guru sudah baik dalam mengajarkan materi pelajaran di dasarkan metode pedagogik dan media teknologi yang sesuai dengan materi tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | ADMIN FKIP1 |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 11:03 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 11:03 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1871 |
Actions (login required)
View Item |