Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA SUB MATERI GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN DI KELAS VIII MTs NEGERI TANJUNGPINANG

Maryanik, Nanda and Trisna, Amelia and Bony, Irawan (2019) PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA SUB MATERI GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN DI KELAS VIII MTs NEGERI TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
PDF SKRIPSI MARYANIK NANDA (150384205041).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pada sub materi gangguan sistem pernapasan di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Tanjungpinang. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan 2 instrumen yaitu, tes dan angket terbuka. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa, melalui 6 indikator. Instrumen tes dibuat dalam bentuk soal uraian dengan 6 butir soal. Jumlah populasi siswa kelas VIII sebanyak 177 siswa, dengan Sampel yang digunakan sebanyak 119 siswa. Hasil dari penentuan jumlah sampel berdasarkan tingkat kesalahan Tabel Isaac 5% yang digunakan peneliti, dan teknik pengambilan data menggunakan, teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor 2, dengan persentase sebesar 55,5%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase dari kemampuan pemecahan masalah siswa masih dikategorikan tingkatan keahlian kompeten. Pada keenam indikator yang indikator dapat dilihat bahwa indikator, Mendefinisikan masalah, analisis sebab-sebab masalah, memilih solusi terbaik, menyusun rencana tindakan dan indikator terakhir yaitu implementasi solusi dan evaluasi masih dikategorikan dalam tingkat keahlian kompeten, sedangkan untuk indikator mengidentifikasikan kemungkinan solusi masuk kategori tingkat keahlian mahir. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum untuk kemampuan pemecahan masalah siswa di kategorikan kompeten, siswa masih perlu dilatih dan diarahkan pada pembelajaran yang mengacu pada kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 400. Bahasa > 411 Writing Systems/Sistem Tulisan, Penulisan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMIN FKIP1
Date Deposited: 28 Jul 2021 11:43
Last Modified: 28 Jul 2021 11:43
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item