Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA KEGIATAN PRAKTIKUM MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA MENGGUNAKAN SELF ASSESSMENT DAN PERFORMANCE ASSESSMENT DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 TANJUNGPINANG

Novica, Soviyanti and Azza Nuzullah, Putri and Nur Eka Kusuma, Hindrasti (2019) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA KEGIATAN PRAKTIKUM MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA MENGGUNAKAN SELF ASSESSMENT DAN PERFORMANCE ASSESSMENT DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
NOVICA SOVIYANTI-150384205073-FKIP.P.BIO-2019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains peserta didik pada kegiatan praktikum materi sistem koordinasi manusia menggunakan self assessment dan performance assessment di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini 153 peserta didik kelas XI MIPA yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling. Data penelitian diperoleh melalui instrumen berupa rubrik performance assessment dengan lembar observasi dan angket self assessment. Hasil analisis data keterampilan proses sains peserta didik kelas XI MIPA dikategorikan baik dengan menggunakan dua alat ukur yaitu self assessment dan performance assessment. Rata-rata hasil lembar observasi berdasarkan rubrik performance assessment keterampilan proses sains peserta didik termasuk kedalam kategori baik dengan perolehan rata-rata persentase 80%. Aspek keterampilan proses sains memperoleh rata-rata tertinggi pada aspek menggunakan alat/bahan/sumber dengan kategori sangat baik jumlah rata-rata persentase 94%, sedangkan rata-rata terendah pada aspek memprediksi dan mengajukan hipotesis hasil rata-rata persentase 70% dengan kategori baik. Rata-rata hasil angket self assessment keterampilan proses sains peserta didik termasuk kedalam kategori baik dengan perolehan rata-rata persentase 77%. Aspek keterampilan proses sains memperoleh rata-rata tertinggi pada aspek melakukan percobaan dengan kategori sangat baik jumlah rata-rata persentase 92%, sedangkan rata-rata terendah pada aspek memprediksi hasil rata-rata persentase 67% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378.598 Higher Education in Indonesia/Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMIN FKIP1
Date Deposited: 28 Jul 2021 12:55
Last Modified: 28 Jul 2021 12:55
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1899

Actions (login required)

View Item View Item