Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

STRATEGI DINAS PARIWISATA BINTAN DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN MANCANEGARA MELALUI EVENT IRONMAN 70.3 BINTAN TAHUN 2017-2019

Dewi, Susanti and Dhani, Akbar and Desri, Gunawan (2021) STRATEGI DINAS PARIWISATA BINTAN DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN MANCANEGARA MELALUI EVENT IRONMAN 70.3 BINTAN TAHUN 2017-2019. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Dewi Susanti_170564201004_Ilmu Hubungan Internasional - 170564201004 Dewi Susanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Bintan merupakan salah satu daerah di Kepulauan Riau yang banyak diminati oleh Wisatawan Mancanegara. Di Bintan juga banyak diadakan berbagai macam eventevent internasional salah satunya yaitu event ironman. Terdapat beberapa alasan event ini layak diteliti dibandingkan event-event lain yang ada dibintan untuk meningkatkan Wisatawan Mancanegara yaitu event ini mendapatkan peringkat ketiga dunia setelah Prancis dan Jerman pada tahun 2017 dengan lokasi terbaik dan event ini termasuk top 10 event calender Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Oleh karena itu peneliti meneliti mengenai strategi-strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan dalam meningkatkan kunjungan Wisatawan Mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan dalam meningkatkan Wisatawan Mancanegara di Lagoi melalui event Ironman 70.3 Bintan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu mempersiapkan instrumen data, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata bintan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui event ironman 70.3 bintan yaitu melalui website www.ironmanbintan.com, EDM (Electronic Direct Mail), Email Marketing, Sosial media, Roadshow, Outdoor advertising dan Advertising. PT BRC (Bintan Resort Cakrawala) sebagai stakeholder event ironman 70.3 bintan juga melakukan beberapa strategi dalam meningkatkan Wisatawan Mancanegara yaitu memberikan paket menginap bagi peserta dan keluarganya dan bekerja sama dengan travel agent serta partner perjalanan lainnya dalam mempromosikan paket menginap tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 303.33. Kontrol Sosial
300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 333.2 By Nongevernmental Groups/Penguasaan Tanah dan Sumber Daya Alam oleh Lembaga Swasta
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:30
Last Modified: 06 Dec 2021 04:30
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item View Item