Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

DIPLOMASI PUBLIK NIKOI ISLAND RESORT DALAM MENDATANGKAN WISATAWAN MANCANEGARA

Muhammad Reza, Fahlevi and Oksep, Adhayanto and Glory Yolanda, Yahya (2021) DIPLOMASI PUBLIK NIKOI ISLAND RESORT DALAM MENDATANGKAN WISATAWAN MANCANEGARA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Muhammad Reza Fahlevi_170564201026_Ilmu Hubungan Internasional - muhammad fahlevi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan di salah satu resort yang cukup terkenal oleh wisatawan mancanegara yakni Nikoi Island Resort. Penelitian ini berfokus mengenai strategi apa yang digunakan oleh Nikoi Island Resort dalam mendatangkan wisatawan mancanegara ke resort mereka. Hal ini cukup menarik karena jika melihat dari letak lokasi Nikoi Island Resort yang berada di wilayah Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau maka banyaknya wisatawan mancanegara akan berasal dari Negara seperti Singapura yang berbatasan secara langsung dengan Wilayah tersebut, tetapi faktanya menurut pegawai bagian reservation dari resort tersebut, berdasarkan data kunjungan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Nikoi Island Resort, banyak dari mereka yang berasal dari UK dan Australia dengan perbandingan UK 30%, Australia 30%, 60% negara lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, penelitian terdahulu, dan dokumentasi guna memperoleh data yang diperlukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Nikoi Island Resort adalah Diplomasi Publik, yaitu strategi yang digunakan untuk menggiring opini publik atau khalayak ramai, dalam hal ini yakni wisatawan mancanegara. Strategi tersebut meliputi Public Relation, yaitu Nikoi membangun hubungan dengan beberapa jurnalis terkemuka yang kemudian membantu memperkenalkan Nikoi Island Resort ke wisatawan mancanegara. Kedua, strategi international broadcasting atau pemanfaatan teknologi yaitu melalui sosial media untuk mempromosikan resort tersebut. Ketiga, yakni melalui Place Branding, membangun “image” yang positif kepada pengunjung agar mereka nantinya kembali menghabiskan liburan di resort tersebut ataupun memperkenalkan Niko Island Resort ke wisatawan mancanegara lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 327.598 Foreign Relations of Indonesia/Politik Luar Negeri Indonesia
300. Ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum > 341 International Law/Hukum Internasional
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 08 Dec 2021 01:59
Last Modified: 08 Dec 2021 01:59
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item