Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

SOSIALITA MUDA DI KOTA TANJUNGPINANG

RAHMIDAHAYU, RAHMIDAHAYU and Sri, Wahyuni and Rahma, Syafitri (2021) SOSIALITA MUDA DI KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Rahmidahayu_140569201030_Sosiologi - Rahmi rahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif, yang diurai berdasarkan fakta dan data dan kemudian di analisis secara dekskriptif menggunakan teori gaya hidup dari David Chaney. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana gaya hidup sosialita muda di Kota Tanjungpinang, yang mana fokus penelitian ini dengan melihat gaya sosialita muda dari segi cara berpakaian yang mengikuti trend dan senang nongkrong ditempat yang hits. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan tiga cara, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap sebelas orang informan Sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu informasi yang didapat melalui wawancara secara langsung terhadap informan dikalangan remaja yang duduk di bangku SMA/SMK/MA yang ada di Kota Tanjungpinang. Sedangkan sumber sekunder yaitu data yang diperoleh dari instansi terkait untuk melengkapi data-data primer. Hasil dari penelitian ini dapat di lihat bahwa ada beberapa standart atau tolak ukur seseorang bisa dikatakan sebagai sosialita yang tidak hanya mereka yang berasal dari kalangan atas. Tolak ukur agar bisa dikatakan sebagai sosialita bisa juga di lihat dari circle pertemanannya, dari kebiasaan hidup yang hedon, yang selalu memperhatikan penampilan dan stylist serta memiliki gaya hidup yang mewah dan gemar berbelanja. Selain itu, dari hasil wawancara yang di lakukan oleh 11 orang informan dapat di simpulkan bahwa gaya hidup yang biasa dilakukan oleh kalangan sosialita muda yang ada di Kota Tanjungpinang ini, yaitu: (1) budaya nongkrong yang mana para anak muda masa kini gemar akan kebiasaan berkumpul atau nongkrong bersama teman dengan berkunjung ke tempat-tempat yang sedang hit, (2) berpenmpilan mengikuti trend (fashion dan style) yang bisa dilihat bahwa anak muda masa kini sangat mementingkan dan mengutamakan penampilan, dan (3) belanja barang bermerek (branded), anak muda saat ini sangat mudah tertarik dan tergoda dengan barang yang memiliki nilai dan simbol untuk menaikkan citra diri dan status sosial di kalangan masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 303.33. Kontrol Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:33
Last Modified: 14 Dec 2021 03:33
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item