Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH IKLAN, TAGLINE DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND AWARENESS TOKOPEDIA PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN FE UMRAH

Glen Bobby, Manullang and Lia, Suprihartini and Roni, Kurniawan (2021) PENGARUH IKLAN, TAGLINE DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND AWARENESS TOKOPEDIA PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN FE UMRAH. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Glen Bobby Manullang _150461201003_Manajemen - Glen Bobby manullang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://lib.umrah.ac.id

Abstract

Tokopedia memiliki iklan yang selalu “up to date” sesuai perkembangan pola konsumen. Tokopedia berupaya melakukan inovasi iklan dengan kreatifitas yang masuk ke segala rentang usia dan golongan. Iklan Tokopedia yang unik memiliki daya tarik konsumen untuk memahami produk Tokopedia. Sehingga menciptakan kesadaran merek Tokopedia kepada konsumen. Tagline Tokopedia juga mengalami pergantian setiap periode yang disesuaikan dengan perkembangan pola konsumen. Tokopedia berupaya menterjemahkan pola konsumen ke dalam bentuk kalimat ajakan yang efektif. Di tengah persaingan e�commerce, tagline memiliki peranan penting dalam menciptakan kesadaran merek suatu produk sehingga tidak hanya Tokopedia yang berusaha menghadirkan tagline yang dapat merebut hati konsumen. Oleh sebab itu muncul permasalahan mengenai persaingan tagline antara e-commerce guna menciptakan kesadaran merek kepada konsumen terhadap Tokopedia dibandingkan e-commerce lain. Celebrity endorser yang digunakan Tokopedia selalu berganti, pergantian ini disesuaikan dengan popularitas selebriti. Kepopularitasan tersebut diharapkan dapat menggaet konsumen untuk membentuk kesadaran merek Tokopedia. Hal ini juga dilakukan e-commerce lain, sehingga menciptakan persaingan celebrity endorser yang digunakan. Menurut Keller dalam Harahap (2016), untuk mengevaluasi seberapa jauh konsumen aware terhadap sebuah merek, terdapat empat indikator, diantaranya adalah: Recall, Recognition, Purchase, Consumption. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Tokopedia dengan pada mahasiswa Prodi Manajemen FE UMRAH pengguna Tokopedia dengan empat variabel penelitian yaitu Iklan, Tagline dan Celebrity Endorser serta Brand Awareness. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Menurut Sugiyono (2015 : 9), metode kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sample tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistic, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Filsafat positivisme memandang realitas/gejala/fenomena ini dapat diklasifikasikan, relative tetap, konkrit, teramati, terukur dan hubungan antara sebab akibat. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa iklan, tagline, celebrity endorse Tokopedia berpengaruh terhadap brand awareness. Berdasarkan kesimpulan penelitian yang dilakukan oleh penulis bahwa variabel iklan, tagline dan celebrity endorse secara parsial berpengaruh signifikan terhadap brandawareness Tokopedia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 650 - 659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: admin fekon
Date Deposited: 20 Dec 2021 06:56
Last Modified: 20 Dec 2021 06:56
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2232

Actions (login required)

View Item View Item