Rosalina Oktaviani, Napitupulu and Lia, Suprihartini and Roni, Kurniawan (2021) PENGALAMAN BERKUNJUNG, CITRA DESTINASI DAN WORD OF MOUTH YANG MEMPENGARUHI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG DENGAN KEPUASAAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PANTAI TANJUNG SIAMBANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Rosalina Oktaviani Napitupulu_170461201052_Manajemen - RosaLIna OktavIanI NapItupulu.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman berkunjung, citra destinasi dan word of mouth secara parsial terhadap minat berkunjung ulang atau revisit intention, pengaruh pengalaman berkunjung, citra destinasi, dan word of mouth secara parsial terhadap kepuasan pengunjung, pengaruh minat berkunjung ulang terhadap kepuasan pengunjung, pengaruh pengalaman berkunjung terhadap minat berkunjung ulang melalui kepuasan pengunjung, pengaruh citra destinasi terhadap minat berkunjung ulang melalui kepuasan pengunjung dan pengaruh word of mouth terhadap minat berkunjung ulang melalui kepuasan pengunjung. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung yang sering berkunjung ke Pantai Tanjung Siambang. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus infinite population’ hingga didapat 70 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket/kuisioner. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman berkunjung secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung ulang, citra destinasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung ulang. Word of mouth secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung ulang. Kepuasan Pengunjung mampu mempengaruhi antara pengalaman berkunjung, citra destinasi dan word of mouth. Tetapi kepuasan pengunjung tidak mampu memediasi variabel pengalaman berkunjung, citra destinasi, dan word of mouth terhadap minat berkunjung ulang. Dan kepuasan pengunjung secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung ulang. Berdasarkan hasil penelitian, Pantai Tanjung Siambang diharapkan dapat terus meningkatkan minat pengunjung dengan memperhatikan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penunjang dari (Visiting Experience) pengalaman berkunjung, (Destination Image) citra destinasi serta faktor dari Word of Mouth yang dilakukan mulut ke mulut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 650 - 659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | admin fekon |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 03:36 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 03:36 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2264 |
Actions (login required)
View Item |