Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PADA TENAGA REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RAJA AHMAD TABIB PROVINSI KEPULAUAN

Rezty Pratiwi, Palestina and Imam, Yudhi Prastya and Jamhur, Poti (2021) ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PADA TENAGA REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RAJA AHMAD TABIB PROVINSI KEPULAUAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Rezty Pratiwi Palestina_170563201039_Ilmu Administrasi Negara - 170563201039 Rezty Pratiwi Palestina(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Rekam medis berperan penting sebagai penunjang tercapainya tertib administrasi pada pelayanan kesehatan rumah sakit. Keberhasilan pelaksanaan Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepulauan Riau berhubungan dengan penyelenggaraan rekam medis. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala seperti kurang kooperatifnya antara pasien dan tenaga rekam medis dalam mengisi identitas, serta kesalahan letak maupun status pasien yang ganda. Oleh karena itu, agar hal ini dapat diminimalisir, maka perlunya upaya perbaikan yang melihat manajemen pada tenaga rekam medis dengan memperhatikan beberapa indikator Total Quality Management. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek penelitian yaitu lima tenaga rekam medis bagian pendaftaran IGD, empat tenaga rekam medis bagian filling di Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepulauan Riau, dan Kepala Ruangan Rekam Medis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa indikator sudah terlaksanakan dengan baik, tetapi masih ada beberapa yang membutuhkan perhatian, mulai dari memperdalam kembali pelatihan komunikasi efektif agar tercipta kooperatifnya pengisian data identitas antara keluarga pasien dengan tenaga rekam medis, serta komunikasi dalam perlengkapan sehingga sesuai dengan kebutuhan dalam bekerja, serta memperdalam kembali SOP agar kecerobohan dalam peletakkan status pasien, serta status yang ganda dapat diminimalisir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 353.6 Administration of Health Services/Departemen Kesehatan (Depkes)
300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.1068 Medical Service Management/Manajemen Layanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 23 Dec 2021 05:13
Last Modified: 23 Dec 2021 05:13
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2285

Actions (login required)

View Item View Item