Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

engembangan E-LKPD Flipbook Interaktif Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA

LASTARYNA BR, HUTABARAT and Rindi, Antika and Mirta, Fera (2021) engembangan E-LKPD Flipbook Interaktif Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Lastaryna Br Hutabarat_170384202006_Pendidikan Matematika - Lastaryna 8115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Selama pandemi COVID-19 dilakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) via daring sejak dikeluarkanya surat edaran oleh kemendikbud. Permasalahan yang dialami peserta selama kegiatan virtual (google meet) seperti kondisi jaringan yang tidak mendukung, sehingga pada saat pendidik menjelasakan gambar yang muncul kurang jelas, suara yang terputus-putus sehingga membuat peserta didik kesulitan memahami materi yang disampaikan serta keterbatasan waktu pendidik dalam menyampaikan materi dan terbatasnya jumlah peserta didik yang dapat bergabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD flipbook yang interaktif dengan menggunakan pendekatan penemuan terbimbing pada materi transformasi geometri kelas XI SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model penelitian ADDIE. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap validasi ahli dan ujicoba terbatas kepada beberapa peserta didik untuk melihat kepraktisan produk. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket respon pendidik dan angket respon peserta didik. Data dianlisis dengan deskriptif kualitatif dan statistika deskriptif. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh validator diperoleh rata-rata penilaian sebesar 74,70% dengan kriteria valid untuk aspek materi dan 71,61% dengan kriteria valid untuk aspek media. Kemudian pada uji praktikalitas diperoleh hasil respon peserta didik sebesar 82% dan respon pendidik sebesar 80%, keduanya dengan kriteria praktis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:43
Last Modified: 24 Dec 2021 02:43
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item