Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Mobile Learning Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas Vii Smp Nuansa Budaya Melayu Kepulauan Riau Dengan Integrasi Game Edukasi

Nursidah, Nursidah and Febrian, Febrian and Mirta, Fera (2021) Pengembangan Mobile Learning Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas Vii Smp Nuansa Budaya Melayu Kepulauan Riau Dengan Integrasi Game Edukasi. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
NURSIDAH_170384202056_PENDIDIKAN MATEMATIKA - 170384202056 Nursidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Pengembangan aplikasi mobile learning nuansa budaya melayu Kepulauan Riau pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP dengan integrasi game edukasi. Prosedur daripengembangan aplikasi mobile learning yang digunakan oleh peneliti mengacu pada model ADDIE, dengan pembatasan hingga tahap pengembangan atau development. Jadi, tahapan yang dilakukan oleh peneliti terdiri dari tahap analisis (analysis), tahap desain (design) dan tahap pengembangan (development). Pada tahap analisis yang dilakukan oleh peneliti yaitu melakukan peninjuan kurikulum, meninjau materi dan analisis peserta didik dengan hasil pada tahap analisis. Selanjutnya pada tahap desain, hal yang dilakukan yakni merancang spesifikasi dari aplikasi mobile learning yang akan dikembangkan seperti memetakan bagian depan, bagian isi dan bagian penutup. Hasil dari tahap desain ini yaitu rancangan awal dari produk yang akan dikembangkan oleh peneliti, yang selanjutnya akan dikonsultasikan dengan dosen pembimbing. Tahap pengembangan, peneliti mulai mengembangkan aplikasi mobile learning dari rancangan awal. Hasil dari pengembangan aplikasi mobile learning telah direvisi oleh peneliti, selanjutnyadikonsultasikan kepada dosen pembimbing I dan dosen pembimbing II. Kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Komentar dan saran para ahli selanjutnya diperbaiki sehingga aplikasi mobile learning bisa di uji cobakan. Hasil penilaian yang didapatkan yaitu data kualitatif. Untuk mengetahui apakah aplikasi yang dikembangkan valid atau tidak, maka data kualitatif tersebut harus dirubah terlebih dahulu menjadi data interval dengan ditransformasikan melalui Method of Summated Ratings (MSR) berbantuan program Micrososft Excel 2010. Diakibatkan situasi dan kondisi pandemi Covid- 19, penelitian dan pengembangan dilaksanakan hanya sampai kevalidan, sehingga tidak memungkinkan peneliti melakukan uji coba produk. Dari segi kevalidan, pengembangan aplikasi mobile learning nuansa budaya melayu Kepulauan Riau dengan intrgrasi game edukasi telah dikembangkan dan dilakukan analisis memenuhi kriteria valid yaitu diantara dari validasi ahli materi memenuhi kriteria valid, validasi ahli media memenuhi kriteria valid dan untuk validasi ahli bahasa memenuhi kriteria valid.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:42
Last Modified: 27 Dec 2021 02:42
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item