Raja, Juliana and Febrian, Febrian and Rezky, Ramadhona (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Raja Juliana_140384202024_Pendidikan Matematika - Raja Juliana.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Dengan dinonaktifkannya kegiatan pembelajaran tatap muka demi menekan penyebaran virus Covid-19 metode pembelajaran jarak jauh menjadi solusi penyelenggaraan pendidikan di masa pandemi. Pembelajaran jarak jauh menjadi tantangan bagi para guru agar tetap dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan meningkatkan keaktifan siswa. Keaktifan siswa dapat ditumbuhkan melalui penerapan media pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran berbasis masalah yang mengedepankan kreatifitas siswa dalam memecahkan masalah adalah Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran maematika dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pokok bahasan segiempat dan segitiga. Perangkat pembelajaran matematika ini terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Dissemination (penyebarluasan) oleh S. Thiagarajan. Penelitian ini hanya sampai pada tahapan Development (pengembangan), dan dilakukan tahap validasi oleh para ahli tanpa di uji cobakan langsung ke lapangan. Dari analisis data dapat disimpulkan, hasil validasi oleh 3 validator ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), RPP dinyatakan sangat valid dengan skor 4,43 sedangkan LKPD dinyatakan valid dengan skor 4,33 dan soal tes kemampuan pemecahan masalah dinyatakan valid dengan skor 4,33.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 03:04 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 03:04 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2325 |
Actions (login required)
View Item |