Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Mobile Learning Berbentuk Game Edukasi Dengan Nuansa Maritim Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP

Sri Rejekina Meiyanna, Ambarita and Nur, Izzati and Rezky, Ramadhona (2021) Pengembangan Mobile Learning Berbentuk Game Edukasi Dengan Nuansa Maritim Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Sri Rejekina Meiyanna Ambarita_170384202031_Pendidikan Matematika - Sri Rejekina Meiyanna Ambarita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Tuntunan era revolusi industry 4.0 yang menganjurkan teknologi untuk diintegrasikan dalam setiap proses pembelajaran, akan tetapi hal tersebut minim pelaksanaanya dalam proses pembelajaran matematika. Selain itu, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh/Daring yang ditetapkan pemerintah akibat terjadinya pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning berbentuk game edukasi dengan nuansa maritim pada materi SPLDV yang valid untuk kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian hanya dilakukan sampai tahap validasi ahli tanpa uji coba langsung ke lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni menggunakan angket. Instrumen yang dipersiapkan untuk mendukung pengumpulan data yaitu lembar validasi yang ditujukan kepada para ahli dalam bidangnya. Teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis melalui angket. Data yang diperoleh oleh peneliti ialah data kualitatif kemudian akan ditransformasikan menjadi data kuantitatif dengan Method of Summated Ratings (MSR). Dari validasi ahli materi memperoleh penilaian sebesar 88,34% dengan kriteria valid, validasi ahli media memperoleh penilaian sebesar 63,62% dengan kriteria valid. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk diujicobakan ke lapangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:38
Last Modified: 27 Dec 2021 03:38
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2331

Actions (login required)

View Item View Item