Yeni, Indriani and Isnaini Leo, Shanty and Legi, Elfitra (2021) Tindak Tutur Direktif Dan Ekspresif Masyarakat Kampung Wonosari Kelurahan Baran Kecamatan Meral Kabupaten Karimun. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
YeniIndriani_140388201046_PBSI - Yeni Indriani.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Interaksi yang berlangsung di masyarakat Kampung Wonosari Kabupaten Karimun menggunakan bahasa campuran seperti bahasa jawa dan melayu sebagai alat berkomunikasi sehari-hari adalah peristiwa tutur dan terdapat tindak tutur direktif dan ekspresif dalam penuturannya yang kurang dimengerti dalam penyampaian tindak tutur nya dikarenakan bahasa yang mereka gunakan, hal ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di daerah tersebut. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti merumuskan masalah bentuk tindak tutur direktif dan tindak tutur ekspresif masyarakat Kampung Wonosari dan akan membahasnya dalam skripsi ini dikarenakan tindak tutur tersebut yang sering digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk tindak tutur direktif dan ekspresif masyarakat Kampung Wonosari. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini berupa tuturan masyarakat Kampung Wonosari dengan menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi, teknik rekam, teknik catat dan wawancara. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang peneliti dapatkan, dapat disimpulkan sebagai berikut: bentuk-bentuk tindak tutur direktif dan ekspresif masyarakat Kampung Wonosari yang masing-masing ada lima jenis tindak tuturnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 400. Bahasa > 411.52 Spelling/Ejaan dan Ucapan 400. Bahasa > 417.2 Dialectology Linguistics/Dialek Bahasa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 04:29 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2393 |
Actions (login required)
View Item |