Vera, Afriani and Edison, Edison and Handrizal, Handrizal (2021) EVALUASI PELAYANAN MELALUI SISTEM APLIKASI SI KANCIL DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) TANJUNGPINANG TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Vera Afriani_170565201048_Ilmu Pemerintahan - Vera Afriani.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Seiring dengan kemajuan teknologi, perkembangan dunia informasi saat ini sudah berkembang semakin cepat dan pesat, sehingga banyak instansi yang meningkatkan kualitas pelayanannya dalam berbagai hal. E-goverment merupakan suatu sistem teknologi informasi yang dikembangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik dengan memberikan pilihan kepada masyarakat untuk mendapatkan kemudahan akses informasi publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanjungpinang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sikancil). Pembuatan aplikasi Sikancil ini merupakan tuntutan Menteri dalam Negeri (Mendagri) yang menginginkan untuk bisa membuat efektivitas pelayanan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi Pelayanan Melalui Sistem Aplikasi Sikancil di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanjungpinang, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawaancara, observasi, dan dokumentasi terkait dengan evaluasi pelayanan melalui sistem aplikasi sikancil di kantor disdukcapil tanjungpinang. Data yang didapat kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menelaah seluruh data yang telah dikumpulkan dan didukung oleh hasil wawancara dengan pendekatan teori Evaluasi pelayanan menurut Dunn yang mengemukakan evaluasi kegunaan alternatif kebijakan dalam memecahkan masalah yang meliputi efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, ketepatan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa evaluasi pelayanan melalui sistem aplikasi sikancil di kantor kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) sudah cukup berhasil, namun dari enam indikator terdapat empat indikator yang belum maksimal yaitu Efektivitas, Efisiensi, kecukupan, dan pemerataan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 352.75 Cencus Bureaus/Biro Sensus, Lembaga Sensus 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 363.9 Population Problems/Permasalahan Kependudukan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | admin fisip fisip |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 05:35 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 05:35 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2414 |
Actions (login required)
View Item |