Agus Gultom, Martogi and Nevrita, Nevrita and Bony, Irawan (2022) Persepsi dan Problematika Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Dan Zoom Meeting Pada Pembelajaran Biologi Kelas X. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Agus Martogi Gultom_170384205060_Pendidikan Biologi - 170384205055 Marliana Putri Rizki.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan problematika siswa terhadap penggunaan aplikasi Google Classroom dan Zoom Meeting pada pembelajaran biologi kelas X di SMKS Kesehatan Widya Tanjungpinang. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh karena semua populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian ini telah dilakukan dengan mengunakan angket tertutup dan angket terbuka. Dimana angket tertutup digunakan untuk mengumpulkan data utama dan angket terbuka untuk mengumpulkan data pendukung. Sebelum kuesioner disebarkan kepada subjek kuesioner tersebut harus dilakukan validasi dan uji reabilitas terlebih dahalu setelah valid maka kuesioner bisa disebarkan. Peneliti menggunakan kriteria pensekoran Skala Likert untuk mengukur hasil angket tertutup persepsi dan problematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi Google Classroom dan Zoom Meeting pada pembelajaran biologi kelas X di SMKS Kesehatan Widya Tanjungpinang dikatagorikan baik. Sedangkan problematika siswa terhadap penggunaan aplikasi Google Classroom dan Zoom Meeting pada pembelajaran biologi kelas X di SMKS Kesehatan Widya Tanjungpinang dikatagorikan sedang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil presentase persepsi Google Classroom yaitu 76.9% dan rata-rata hasil presentase persepsi Zoom Meeting yaitu 75.2%. Sedangkan rata-rata hasil presentase problematika Google Classroom yaitu 50.5% dan rata-rata hasil presentase problematika Zoom Meeting yaitu 51.7%. Selanjutnya kuesioner angket tertutup yang diberikan sesuai dengan indikator persepsi dan problematika siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 000. Ilmu Umum dan Komputer > 004.678.Internet 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 03:13 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 03:13 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2475 |
Actions (login required)
View Item |