Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan LKPD Berbasis Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skill Siswa Kelas VIII

Devita, Sari and Nevrita, Nevrita and Bony, Irawan (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skill Siswa Kelas VIII. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Devita Sari_160384205078_Biologi - 160384205078 Devita Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan high order thinking skill siswa kelas VIII yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. LKPD adalah bahan ajar yang berisi materi dan soal evaluasi yang sudah disusun berdasarkan susunan-susunan yang sesuai pada problem based learning dan high order thinking skill sehingga peserta didik diharapkan mampu untuk belajar secara mandiri dan melatih kemampuan stimulus dengan cara menyelesaikan masalah – masalah yang kontekstual sekaligus mendapatkan pengetahuan terkait konsep penting materi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model penelitian yang dikembangkan adalah model 4-D Thiagaraja dan semmel. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu : 1) tahap define atau pendefinisian; 2) tahap desaign atau perancangan; 3) tahap develop atau pengembangan; dan 4) tahap disseminate atau penyebaran.Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan hasil validitas LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan high order thinking skill dinyatakan “sangat valid” dari aspek materi dan media. Untuk hasil praktikalitas LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan high order thinking skill dinyatakan “sangat praktis”. Berikutnya untuk efektivitas LKPD berbasis problem based learning dinyatakan efektif berdasarkan hasil belajar yang di dapatkan peserta didik dengan kategori peningkatan “tinggi”. Dengan hasil tersebut maka LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan high order thinking skill siswa kelas VIII yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif untuk digunakan siswa kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:44
Last Modified: 14 Apr 2022 03:44
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item View Item