Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Self-Directed Learning dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI di SMA Negeri 4 Tanjungpinang

Dominika Roro Dewi, Sinta and Bony, Irawan and Azza Nuzullah, Putri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Self-Directed Learning dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI di SMA Negeri 4 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Dominika Roro Dewi Sinta_170384205059_Pendidikan Biologi - Dominika Roro Dewi Sinta.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap self-directed learning dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan quasi exsperimental berupa post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Tanjungpinang pada Tahun 2021/2022 dengan mengambil sampel yang representatif menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 68 siswa yang dikelompokkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes, untuk mendapatkan data hasil belajar kognitif siswa dan instrumen angket, untuk mendapatkan data kemampuan self-directed learning siswa. Berdasarkan analisis hasil Uji T Independent Sampel Test dapat diketahui: (1) hasil belajar kognitif diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,020 < 0,05 dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa dan (2) self-directed learning diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 dan dapat terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan self-directed learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 000 Karya Umum > 000. Ilmu Umum dan Komputer > 005.3 Programs/Program
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:03
Last Modified: 14 Apr 2022 04:03
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item View Item