Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengaruh Model POE2WE Berbasis Blended Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IX di SMPN 10 Tanjungpinang

Ferdi, Enrizal and Azza Nuzullah, Putri and Erda, Muhartati (2022) Pengaruh Model POE2WE Berbasis Blended Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IX di SMPN 10 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Ferdi Enrizal _ 170384205048_ Pendidikan Biologi - ferdi enrizal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui apakah terdapat pengaruh model POE2WE berbasis Blended Learning terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas IX di SMPN 10 Tanjungpinang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling yaitu cluster random sampling. Dari lima kelas yang ada di SMPN 10 Tanjungpinang, sampel pada penelitian ini adalah dua kelas IX SMP 10 Tanjungpinang dengan jumlah siswa 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 64,73 dan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 32,37. Uji hipotesis pada minat belajar mendapatkan nilai t hitung sebesar 16,612 lebih besar dari nilai ttabel 2,0017. Penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen mendapatkan nilai ratarata 86,67 dan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 62,83. Uji hipotesis pada hasil belajar menunjukkan nilai t hitung sebesar 7,934 lebih besar dari nilai ttabel 2,0017. Sehingga H 0 ditolak dan H a diterima, dimana model POE2WE berbasis blended learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IX di SMPN 10 Tanjungpinang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:40
Last Modified: 14 Apr 2022 04:40
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item View Item