Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Imunitas Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI

Ismi, Ridhanirizki and Elfa, Oprasmani and Nevrita, Nevrita (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Imunitas Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Ismi Ridhanirizkii_170384205047_Biologi - 170384205047 Ismi Ridhanirizki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning pada materi Sistem Imunitas kelas XI yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. LKPD adalah bahan ajar yang berisi materi dan soal evaluasi yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga peserta didik diharapkan dapat mempelajari materi ajar tersebut secara mandiri. LKPD berbasis problem based learning untuk melatih dan mengembangkan kemampuan menyelesaikanmasalah nyata dengan adanya rangsangan stimulus dan respon dari peserta didik sehingga mendapatkan pengetahuan sekaligus konsep penting terkait materi Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research &Development) dengan model penelitian yang dikembangkan adalah model 4-D Thiagarajan dan Semmel.Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan hasil validitas LKPD berbasis problem based learning sebesar 87,5% dinyatakan “sangat valid” dari aspek materi dan media. Untuk hasil praktikalitas LKPD berbasis problem based learning sebesar 88% dinyatakan “sangat praktis”. Berikutnya untuk efektivitas LKPD berbasis problem based learning sebesar 85,3% dinyatakan “sangat efektif” berdasarkan hasil belajar peserta didik dengan kategori peningkatan “tinggi”. Dengan hasil tersebut maka LKPD berbasis problem based learning pada materi sistem imunitas kelas XI yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan siswa kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:57
Last Modified: 14 Apr 2022 04:57
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2497

Actions (login required)

View Item View Item