Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Model Preview, Question, Read , Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Materi Virus Kelas X SMA

Nur Ulan, Syah and Nur Eka Kusuma, Hindrasti and Dios, Sarkity (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Model Preview, Question, Read , Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Materi Virus Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Nur Ulan Syah_160384205012_Pendidikan Biologi - nur ulan syah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Berorientasi Model PQ4R pada Materi Virus yang valid dan praktis untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran siswa kelas X SMA. Model PQ4R ini merupakan strategi elaborasi yang meliputi tahap Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review yang dapat membantu siswa mengatasi kesulitan membaca pemahaman dan membantu siswa mengingat apa yang mereka baca. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model penelitian yang dikembangkan adalah model 4-D Thiagarajan dan Semmel. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu: 1) tahap define atau pendefinisian (analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis materi, merumuskan tujuan); 2) tahap design atau perancangan (pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal); 3) tahap develop atau pengembangan (validasi ahli media, validasi materi, uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik); dan 4) tahap disseminate atau penyebaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan LKPD Berorientasi Model PQ4R pada Materi Virus didapatkan hasil rata-rata vaidasi media sebesar 85% dengan kategori “sangat valid” dan hasil rata-rata sebesar 91,25% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh hasil sebesar 90% dengan kategori “ sangat praktis”, dan uji praktikalitas oleh siswa memperoleh hasil sebesar 80% dan dinyatakan praktis untuk digunakan siswa kelas X SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:21
Last Modified: 14 Apr 2022 05:21
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2502

Actions (login required)

View Item View Item