Sri, Wahyuni and Nevrita, Nevrita and Erda, Muhartati (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Sistem Pencernaan untuk Siswa Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Sri Wahyuni_140384205018_Biologi - 140384205018 Sri Wahyuni.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran monopoli materi sistem pencernaan yang valid dan praktis digunakan dalam kegiatan belajar siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (research and development) model pengembangan Plomp. Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan 4 fase, yaitu: 1) fase investigasi awal, 2) fase desain, 3) fase realisasi, dan 4) fase tes, evaluasi dan revisi. Data hasil penelit ian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran monopoli diketahui bahwa hasil validasi ahli media menunjukkan aspek tampilan media termasuk kategori “sangat valid” dengan rata-rata persentase 85% dan hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa aspek materi pembelajaran termasuk kategori “sangat valid” dengan rata rata skor persentase 87,5%. Hasil praktikalitas berdasarkan respon guru “sangat praktis” dengan persentase sebesar 82,5% dan hasil praktikalitas berdasarkan respon siswa “sangat praktis” dengan persentase sebesar 82,9%, maka media pembelajaran monopoli materi sistem pencernaan dikategorikan valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di kelas VIII SMP.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:18 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:18 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2509 |
Actions (login required)
View Item |