Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan modul pembelajaran IPA dengan pendekatan SETS materi ekosistem kelas VII

Werni, Nopita and Nevrita, Nevrita and Azza Nuzullah, Putri (2022) Pengembangan modul pembelajaran IPA dengan pendekatan SETS materi ekosistem kelas VII. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Werni Nopita_150384205061_Pendidikan Biologi - 150384205061 Werni Nopita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Modul Pembelajaran IPA dengan Pendekatan SETS Materi Ekosistem Kelas VII yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Pengembangan media pembelajaran di lakukan melalui tiga tahap, yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop). Instrument yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan a hli media, lembar praktikalitas guru dan siswa, lembar evaluasi pre-test dan post-test, serta angket minat siswa menggunakan modul pembelajaran. Hasil validasi materi termasuk kategori sangat valid dengan persentase 96,2% dan validasi media oleh ahli modul pembelajaran IPA dengan pendekatan SETS termasuk kategori sangat valid dengan persentase 88%. Hasil angket praktikalitas oleh guru termasuk kategori sangat praktis dengan persentase 96% dan angket praktikalitas oleh siswa termasuk kategori sangat praktis dengan persentase 84%. Hasil efektivitas melalui pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai n-gain 0,53 berkategori sedang, dan angket minat belajar siswa dengan persentase 86% berkategori baik, sehingga modul pembelajaran IPA dengan pendekatan SETS yang dikembangkan termasuk kategori efektif. Dapat disimpulkan pengembangan modul pembelajaran IPA dengan pendekatan SETS materi ekosistem kelas VII yang dikembangkan dengan model 4-D sangat valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:26
Last Modified: 18 Apr 2022 02:26
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2511

Actions (login required)

View Item View Item