Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan E-LKPD Biologi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi STEM Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA

Windi Riana, Sari and Azza Nuzullah, Putri and Erda, Muhartati (2022) Pengembangan E-LKPD Biologi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi STEM Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Windi Riana Sari_170384205024_Pendidikan Biologi - 170384205024 Windi Riana Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD Biologi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi STEM Pada Materi Sistem Peredaran Darah yang valid, praktis dan efektif digunakan pada pembelajaran biologi kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) menggunakan model 4-D yaitu: 1) Define atau pendefinisian (analisis kurikulum, analisis peserta didik, dan analisis materi); 2) Design atau perencanaan (pemilihan media pemilihan format, rancangan awal dan mendesain instrumen penelitian); 3) Develop atau pengembangan (validasi ahli materi, validasi ahli media, uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik dan uji efektivitas); 4) Disseminate atau penyebaran. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, lembar praktikalitas guru dan peserta didik, lembar evaluasi post test. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Profil kelayakan E-LKPD Biologi berbasis Problem Based Learning Terintegrasi STEM telah memenuhi kriteria sangat valid dari segi materi meliputi aspek kelayakan isi, aspek kebahasan dan aspek STEM. Sedangkan dari segi media telah memenuhi kriteria sangat valid ditinjau dari aspek aplikasi dan aspek tampilan. Hasil uji praktikalitas guru dan peserta didik menunjukan kategori sangat praktis. Untuk hasil efektivitas hasil N-gain score diperoleh kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Biologi Terintegrasi STEM valid, praktis dan efektif digunakan peserta didik kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:29
Last Modified: 18 Apr 2022 02:29
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2512

Actions (login required)

View Item View Item