Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Modul Pembelajaran Terintegrasi Kearifan Lokal Masyarakat Tamabelan pada Materi Ekosistem Kelas X

Zulkarnain, Zulkarnain and Nur Eka Kusuma, Hindrasti and Nevrita, Nevrita (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Terintegrasi Kearifan Lokal Masyarakat Tamabelan pada Materi Ekosistem Kelas X. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Zulkarnain_140384205076_Biologi - 140384205076 Zulkarnain.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian pengembangan R&D (Reserch and Development),dengan menggunakan model ADDIE. Pengembangan dilakukan dengan melalui lima tahap. (1) Tahap Analisis, (2) Tahap Perancangan, (3) Tahap Pengembangan, (4) Tahap Implementasi, dan (5) Tahap Evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul pembelajaran yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat membantu guru dan siswa dalam melakukan proses pembelajaran. Selain itu modul yang dikembangkan ini juga bertujuan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih bervariasi, efektif guna memberikan hasil yang baik untuk kemandirian siswa serta me ningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian pengembangan pada modul pembelajaran, dapat diketahui bahwa penilaian dari validator ahli media termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase 88,5% dan ahli materi kategori “sangat valid” dan memiiki skor 83,3%. Kemudian , hasil praktikalisasi oleh guru bio logi dengan nilai 83,3% dan berada pada kategori “sangat praktis” dan praktikalisasi dari siswa menunjukan hasil 89,7 dan kategori “sangat praktis”. Selanjutnya untuk hasil efektivitas modul pembelajaran diketahui bahwa dari segi kognitif “sangat efektif” untuk digunakan dalam pembelajaran adapun persentasenya 83,3%, dari segi afektif dan keterampilan memiliki nilai yang masing -masing 86,3% dan 88,5%. Maka modul pembelajaran biologi terintegrasi kearifan lokal masyarakat tambelan pada materi ekosistem kelas x dapat dikategorikan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 580. Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman, Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:32
Last Modified: 18 Apr 2022 02:32
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2513

Actions (login required)

View Item View Item