NURUL, DIAN PANGHESTY and Rumzi, Samin and Alfiandri, Alfiandri (2019) ANALISIS MANAJEMEN RISIKO DALAM PENGAMANAN BANDAR UDARA (STUDI DI BANDAR UDARA RAJA HAJI FISABILILLAH). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
NURUL DIAN PANGHESTY-130563201001-FISIP.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Bandar udaramerupakan salah satu obyek vital tempat lalu-lintas pergerakan manusia dan barang antar kota/pulau/Negara.Mengingat sedemikian vitalnya fungsi bandara, maka setiap bandara perlu dikelola dengan sistem pengamanan yang terintegrasi.Dalam konteks sistem koordinasi pengamanan Bandar udara, maka saling ketergantungan antar unit pengamanan memiliki arti penting bagi organisasi, karena menyangkut kelangsungan hidup Bandar udara. Dalam konteks itulah diperlukan adanya upaya pengamanan (security control) untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di Bandar udara berupa penyusupan senjata, bahan peledak, kejahatan seperti pencurian barang bawaan penumpang maupun kondisi sosial masyarakat dan bandara maupun juga pelanggaran seperti membawa barang terlarang (narkoba) atau bahan-bahan yang mungkin digunakan untuk melakukan gangguan melawan hukum terhadap bandara dan penerbangan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui manajemen risiko dalam pengamanan Bandar udara Raja Haji Fisabilillah.Dalam pembahasan skripsi ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Informanberjumlah 7 orang yaitu PLT Safety Risk and Quality Control, Avsec atau kepolisian Bandar udara, penumpang. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian Bandara Raja Haji Fisabilillah telah terpenuhi sesuai ketentuan bandara baik dari segi keamanan, fasilitas dibandara, digitalisasi termasuk kedalam primer atau biasa sedangkan untuk yang advance atau lanjutan belum terpenuhi.Dan membawa narkoba ke pesawat itu tidak membahayakan tetapi dilarang apabila tidak ada lisensi khusus untuk membawa barang tersebut tetapi dikategorikan berbahaya juga apabila digunakan di pesawat.Dan berdasarkan temuan yang ada menunjukkan bahwa safety performance dibandara RHF adalah baik, terbukti dengan tidak adanya insiden akibat runway excursion, runway incursion, birdstrike, dan ground collisions.Tetapi untuk FOD perlu adanya perhatian khusus untuk mengantisipasi adanya insiden akibat FOD, walau sudah dilakukan mitigasi segera atas insiden yang ada, namun tetap waspada terhadap kemungkinan accident – incident akibat FOD dibandara RHF pada tahun 2018. Kesimpulan penelitian yaituPeningkatan pengamanan di bandara harus disertai Sumber Daya Manusia yang professional dan optimal, optimalisasi pengamanan bandara sangat diperlukan agar semua pihak pengamanan bisa saling berintegrasi dan mampu menanggulangi kemungkinan risiko yang akan terjadi. Dan sebagai warga Negara yang baik hendaknya kita mengikuti peraturan yang ada baik di Bandar udara atau ditempat yang menjadi sarana umum masyarakat melakukan aktifitas sehari-hari. Kata Kunci: Manajemen Risiko, Pengamanan Bandar Udara
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.1068 Medical Service Management/Manajemen Layanan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | admin fisip fisip |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 06:03 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 06:03 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/252 |
Actions (login required)
View Item |