Marlina, Marlina and Nina, Adriani and Ardi Widhia, Sabekti (2022) Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Di SMA Negeri 1 Teluk Bintan Pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Marlina_140384204015_Pendidikan Kimia - 140384204015 Marlina.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 1 Teluk Bintan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Proses pengambilan sampel penelitian menggunakan sample random sampling dan menggunakan instrumen penelitian yaitu berupa tes. Instrumen tes yang digunakan adalah instrumen tes diagnostik four-tier multiple choice materi kesetimbangan kimia yang mencakup subkonsep antara lain; (1) kesetimbangan dinamis, (2) kesetimbangan homogen dan heterogen, (3) tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc), (4) tetapan kesetimbangan parsial (Kp), (5) hubungan Kc dan Kp, (6) derajat disosiasi, (7) arah pergeseran dan kesetimbangan dengan menggunakan Azas Le Chatelier dan kesetimbangan kimia dalam industri. Hasil yang didapatkan pada siswa SMA Negeri 1 Teluk Bintan bahwa kategori paham konsep menempati persentase 65% termasuk kriteria pemahaman “tinggi”. Persentase kategori miskonsepsi sebesar 8,3% dalam pemahaman “sangat rendah”, dan kategori kurang paham konsep dengan persentase sebesar 19,6% dalam pemahaman “sangat rendah”, serta yang terendah merupakan data kesalahan dengan persentase 7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa dapat diidentifikasi menggunakan instrumen diagnostik tes four-tier multiple choice dan pemahaman konsep siswa di SMA Negeri 1 Teluk Bintan pada materi kesetimbangan kimia masuk kedalam kategori persentase pemahaman konsep “tinggi”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 04:20 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 04:21 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2532 |
Actions (login required)
View Item |