Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Butir Soal Two Tier Multiple Choice Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Asam Basa

Maslakha, Maslakha and Inelda, Yulita and Dina, Fitriyah (2022) Pengembangan Butir Soal Two Tier Multiple Choice Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Asam Basa. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Maslakha_150384204034_Pendidikan Kimia - Maslaha Nazhira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan butir soal two tier multiple choice berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi asam basa; (2) mengetahui validitas butir soal two tier multiple choice berbasis HOTS pada materi asam basa; (3) mengetahui reliabilitas butir soal two tier multiple choice berbasis HOTS pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan alur pengembangan tes menurut model McIntire & Miller, (2007) yang terdiri dari 10 tahapan yaitu (1) defining the test universe, audience and puprose; (2) developing a test plan; (3) composing the test items; (4) writing the administration instruction; (5) conduct the piloting test; (6) conduct the item analysis; (7) revise the test. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap 7. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA di MAN Tanjungpinang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 53 orang peserta didik. Soal yang dikembangkan adalah soal two tier multiple berbasis HOTS. Soal dikembangkan melalui tahap penilaian ahli sehingga memperoleh masukan untuk menyempurnakan soal. Tahap uji coba untuk memperoleh data empiris. Penilain ahli evaluasi menunjukkan soal valid 83,39% dan penilain ahli materi menunjukkan soal valid 89,56%. Hasil analisis dengan model Rasch menunjukkan 10 soal valid dan memenuhi kriteria nilai MNSQ, ZSTD, dan Pt Measure Corr. Nilai Alpha Cronbach (KR-20) sebesar 0,78 menunjukkan soal memiliki reliabilitas tinggi. Konsistensi peserta didik menjawab soal terkategori cukup dengan nilai person reliability sebasar 0,73. Namun kualitas soal keseluruhan terkategori cukup dengan nilai item reliability sebesar 0,77. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa soal two tier multiple choice berbasis HOTS pada materi asam basa di anggap baik dan layak untuk digunakan dan disimpan dalam bank soal sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 18 Apr 2022 05:59
Last Modified: 18 Apr 2022 05:59
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2533

Actions (login required)

View Item View Item