Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan LKPD Elektronik Berorientasi Starter Experiment Approach (SEA) pada Materi Laju Reaksi

Nazariati, Nazariati and Nina, Adriani and Ardi Widhia, Sabekti (2022) Pengembangan LKPD Elektronik Berorientasi Starter Experiment Approach (SEA) pada Materi Laju Reaksi. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Nazariati_160384204030_Kimia - 160384204030 Nazariati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Pembelajaran kimia merupakan salah satu pembelajaran yang memiliki karakteristik tersendiri dan memerlukan keterampilan dalam memecahkan masalah-masalah ilmu kimia yang berupa teori, konsep, hukum, dan fakta. Selain itu, mata pelajaran kimia juga bertujuan untuk menciptakan sikap ilmiah yang mencakup keterampilan berpikir kritis maupun kreatif serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan praktikum. Salah satu materi kimia yang dapat dipelajari melalui kegiatan praktikum adalah materi laju reaksi. Untuk mendukung proses belajar mengajar diperlukan bahan ajar yang sesuai perkembangan zaman era digital yaitu LKPD elektronik dan pendekatan pembelajaran yang sesuai, yaitu Starter Experiment Approach (SEA). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji produk LKPD elektronik berorientasi Starter Experiment Approach (SEA) pada materi laju reaksi guna mengetahui kelayakan dan kepraktisan produk. Metode yang digunakan yaitu Research and Development, dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini diuji oleh ahli materi, ahli media serta 1 orang guru dan peserta didik kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Bintan Timur sebanyak 20 orang peserta didik sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD elektronik berorientasi Starter Experiment Approach (SEA) pada materi laju reaksi dinyatakan valid. Hal tersebut berdasarkan penilaian oleh ahli materi sebesar 73,96% dengan kriteria valid, ahli media sebesar 96,78% dengan kriteria sangat valid. Persentase praktikalitas oleh 20 peserta didik sebesar 96% dan guru sebesar 82,4% dengan kategori keduanya adalah sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik berorientasi Starter Experiment Approach (SEA) pada materi laju reaksi sangat layak digunakan sebagai bahan ajar kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:08
Last Modified: 18 Apr 2022 06:08
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2537

Actions (login required)

View Item View Item