Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan LKPD berbasis Predict, Explain, Observe, Explain (PEOE) berbantuan Simulasi PhET pada Materi Laju Reaksi

Norsyela, Norsyela and Ardi Widhia, Sabekti and Hilfi, Pardi (2022) Pengembangan LKPD berbasis Predict, Explain, Observe, Explain (PEOE) berbantuan Simulasi PhET pada Materi Laju Reaksi. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
NORSYELA_160384204007_Pendidikan Kimia - 160384204007 Norsyela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Pendidikan saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, pendidik melakukan berbagai upaya penyusunan rencana pembelajaran, penggunaan strategi pembelajaran serta pengembangan bahan ajar. Bahan ajar yaitu LKPD sangat berguna untuk mengembangkan konsep siswa serta menumbuhkan keterampilan siswa saat mengerjakan soal. Salah satu pendukung untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yaitu LKPD berbasis Predict, Explain, Observe, Explain (PEOE) berbantuan simulasi Physics Education Techology (PhET) pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengembangkan LKPD berbasis PEOE Berbantuan simulasi PhET pada materi laju reaksi; 2) Mengetahui validitas dari LKPD berbasis PEOE berbantuan simulasi PhET pada materi Laju Reaksi; 3) Mengetahui praktikalitas dari LKPD berbasis PEOE berbantuan simulasi PhET pada materi Laju Reaksi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Model yang digunakan yaitu penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develovment, Implementation, Evaluation). Penelitian ini hanya sampai evaluasi formatif. Subjek penelitian adalah seorang guru dan 22 peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis PEOE berbantuan Simulasi PhET pada materi Laju Reaksi dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. Hal ini berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 85,5% dikategorikan sangat valid dan validasi ahli media sebesar 81,82% dikategorikan sangat valid. Persentase praktikalitas oleh pendidik sebesar 93,3% dikategorikan sangat praktis dan praktikalitas oleh peserta didik sebesar 89% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Predict, Explain, Observe, Explain (PEOE) berbantuan simulasi PhET pada materi laju reaksi sangat layak digunakan sebagai bahan ajar kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:11
Last Modified: 18 Apr 2022 06:11
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2538

Actions (login required)

View Item View Item