Roza Ananda, Rinaldi and Inelda, Yulita and Dina, Fitriyah (2022) Pengembangan Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bilangan Kuantum Dan Konfigurasi Elektron. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Roza Ananda Rinaldi_170384204037_Pendidikan Kimia - 170384204037 Roza Ananda Rinaldi.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian yaitu mengembangkan suatu instrumen three tier multiple choice diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi bilangan kuantum dan konfigurasi elektron. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Dalam penelitian ini hanya digunakan sampai tahap Development. Pengumpulan data dilakukan di SMAN 4 Tanjungpinang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 yang berjumlah 35 siswa yaitu 5 siswa pada uji coba skala terbatas dan 30 siswa pada uji coba skala luas. Teknik analisis data menggunakan metode uji validitas dan reliabilitas. Hasil validitas isi oleh validator diperoleh 0,54 sampai 0,84 yang berarti termasuk dalam kategori valid sampai sangat valid sedangkan hasil validasi empiris pada three tier multiple choice diagnostic test diperoleh r p bis 0,88 sampai 0,94 dengan kategori valid. Pada uji reliabilitas untuk jumlah sampel 5 siswa pada 20 soal dan 15 soal valid dengan signifikansi 5% diperoleh hasil pengolahan data sebesar 0,96 dan 0,988 yang berarti bahwa soal tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat yang telah dikembangkan reliabel dengan kriteria reliabilitas sangat tinggi.. Hasil penelitian juga diketahui miskonsepsi pada sub materi konfigurasi elektron berdasarkan kulit atom sebesar 32% dengan kategori rsedang, sub materi konfigurasi elektron berdasarkan subkulit atom sebesar 37% dengan kategori sedang, sub materi bilangan kuantum dan bentuk orbital sebesar 39% dengan kategori sedang, dan sub materi letak golongan dan periode berdasarkan konfigurasi elektronnya sebesar 33% dengan kategori sedang. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk three tier multiple choice diagnostic test telah layak digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 06:14 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 06:14 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2539 |
Actions (login required)
View Item |