Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP

Denis, Andrian and Febrian, Febrian and Linda, Rosmery (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Denis Andrian_150384202006_Pendidikan Matematika - 150384202006 Denis Andrian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Minimnya penggunaan perangkat dan bahan mengajar yang mampu menstimulasi peserta didik dalam melatih kemampuan matematis dapat menyebabkan kemampuan peserta didik tidak berkembang secara baik dan optimal dalam pembelajaran matematika saat disekolah, sehingga perlu di kembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan dan keaktifan peserta didik agar tertantang dalam melakukan suatu pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang valid untuk melatih kemampuan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan jenis pengembangan 4D (Define, design, development, disseminate), dikarenakan adanya pandemi sehingga tidak memungkinkan untuk turun ke sekolah, maka penelitian ini diputuskan hanya sampai mendapatkan kevalidan produk. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan kuantitatif dan kualitatif dengan mengunakan angket. Instumen yang digunakan berupa lembar validasi oleh para ahli. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif, lalu diubah menjadi data kuantitatif dengan menggunakan angka indeks. Hasil penelitian menunjukan produk yang berupa LKPD berbasis masalah memenuhi kriteria dengan rata-rata 69,25% yang terdiri dari 72,60% dari ahli materi, 68,50% dari ahli bahasa, dan 65,12% dari ahli media, pengolahan data ini menggunakan teknik msr. Dari hasil yang didapat dari para ahli, kategori produk yang dihasilkan berupa LKPD berbasis masalah adalah valid. Sehingga produk ini layak untuk diuji cobakan ke sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:50
Last Modified: 19 Apr 2022 01:50
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2552

Actions (login required)

View Item View Item