Reni, Mulyasari and Rindi, Antika and Linda, Rosmery (2022) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Segitiga Kelas VII SMPN 10 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Reni Mulyasari_140384202073_Pendidikan Matematika - Reni mulyasari.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis- jenis kesalahan siswa kelas VII serta faktor-faktor penyebab kesalahan yang terjadi dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Segitiga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat dilakasanakannya penelitian ini adalah di SMPN 10 Tanjungpinang. Penelitian ini mengambil subjek penelitian sebanyak 4 orang siswa. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah data dianalisis kemudian divalidasi keabsahan datanya dengan menggunakan member check, yaitu meminta konfimasi siswa terhadap kesalahan yang telah dilakukan. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini adalah jenis kesalahan konsep yang meliputi 1) kesalahan dalam menentukan rumus atau teorema sebanyak 88,9%, 2) kesalahan dalam menggunakan rumus atau teorema sebanyak 100%, dan kesalahan dalam menuliskan rumus atau definisi sebanyak 100%. Kemudian jenis kesalahan prosedural yang meliputi 1) kesalahan dalam keteraturan langkah-langkah penyelesaian soal sebanyak 100%, dan kesalahan dalam memanipulasi langkah-langkah penyelesaian masalah matematika sebanyak 83,33%. Serta jenis kesalahan dalam menggunakan operasi atau perhitungan sebanyak 100%. Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan siswa adalah karena 1) siswa tidak mengerti bagaimana caranya mengerjakan soal matematika yang diberikan, 2) siswa tidak mengetahui rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal, 3) siswa tidak dapat menerapkan rumus ke dalam soal, 4) siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal matematika, 5) siswa kurang terampil dalam mencari solusi untuk menyelesaikan soal matematika, dan 6) siswa melakukan kesalahan dalam melakukan proses perhitungan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 02:54 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 02:54 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2564 |
Actions (login required)
View Item |