Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR ANAK DIMASA PENDEMI COVID – 19 DI PERUMAHAN DOMPAK INDAH KELURAHAN BATU IX

MUHAMMAD, ZULFADINATA and Emmy, Solina and Sriwahyuni, Sriwahyuni (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR ANAK DIMASA PENDEMI COVID – 19 DI PERUMAHAN DOMPAK INDAH KELURAHAN BATU IX. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Muhammad Zulfadinata_140569201015_Sosiologi - Muhammad Zulfadinata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Pembelajaran daring diharuskan pada siswa yang tinggal di Perumahan Dompak Indah lebih malas belajar dibandingkan ketika belajar tatap muka disekolah, anak lebih cendrung main Hp dari pada belajar, kebanyakan tugas anak dibuatkan oleh orang tua/ orang lain, nilai yang didapatkan anak cendrung tinggi namun pada kenyataanya anak tidak mengerti pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi terkait dengan masalah belajar anak dimasa pendemi Covid-19. Data yang didapat kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menelaah seluruh data yang telah dikumpulkan yang didukung oleh hasil wawancara dengan pendekatan teori. Berdasarkan hasil penelitian adapun peran orang tua dalam mengatasi masalah belajar anak di Perumahan Dompak Indah yang dilihat dari konsep modal sosial yaitu peran orang tua melibatkan diri dalam suatu network (jaringan) dilakukan dengan cara yaitu membahas tugas yang diberikan oleh guru kepada anak bersama orang tua siswa yang lain, orang tua dan guru saling bertukar informasi sehingga dalam modal sosial dapat dilihat sebuah hubungan timbal balik, kepercayaan orang tua kepada pihak lembaga pendidikan atau tempat les, atau guru les untuk membantu mengatasi ketidakpahaman anak dalam menguasai materi pelajaran, membuat aturan yaitu dapat dikatakan bahwa semua orang tua membuat aturan agar anak mau belajar aturan yang dibuat tersebut seperti menggunakan Hp hanya pada saat waktu tertentu, jadwal yang diatur dalam belajar, mengulang pelajaran setiap hari. memberikan penghargaan kepada anak dengan memberinya hadiah aagar anak terdorong untuk menjadi yang terbaik dalam meraih prestasi di sekolah, sifat proaktif orang tua yang selalu melibatkan diri dalam kegiatan belajar anak dilakukan yaitu dengan mengajari anak langsung, serta selalu meminta bantuan pihak keluarga lain untuk mengajari anak ketika orang tua tidak dirumah dalam hal ini proaktif orang tua ditunjukan dengan sifat kontrol yaitu orang tua selalu minta dikirimkan foto anak belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.7 Problems and Services to Young People/Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 10 May 2022 02:03
Last Modified: 10 May 2022 02:03
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item